Keuntungan Memilih Asuransi Syariah

Banyak orang yang bingung ketika dihadapkan dengan dua pilihan asuransi: asuransi konvensional dana suransi syariah. Apalagi jika menyangkut soal asuransi kesehatan, keputusan memilih antara asuransi kesehatan konvensional dan asuransi kesehatan syariah harus dipikirkan matang-matang.

Jika dibandingkan, pengguna asuransi konvensional memang lebih banyak dibandingkan yang menggunakan asuransi syariah. Namun, hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kurangnya pengetahuan akan keberadaan asuransi syariah atau menganggap pengguna asuransisyariah hanya didominasi kaum muslim saja. Padahal, seiring waktu, asuransi berbasis syariah kian diminati dan terus bertambah penggunanya.

Dilihat dari segi prinsip, terdapat perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Asuransi syariah mengupayakan usaha tolong-menolong serta mengumpulkan dana dan dikelola oleh perusahaan dengan memperhatikan kaidah-kaidah syariah. Sedangkan asuransi konvensional lebih kepada keterikatan antara peserta asuransi dengan perusahaan, hal ini terlihat dari keharusan peserta membayar premi dan mematuhi perjanjian atau kesepakatan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi.

Bagi yang tertarik ingin menggunakan asuransi syariah namun masih belum yakin, bis amengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan yang bisa didapatkan dengan memilih produk asuransi berbasis syariah. Berikut ini di antaranya:

  1. Dana lebih aman karena asuransi syariah tidak mengenal istilah dana hangus.
  2. Adanya pembebasan kontributor dasar jika memang terjadi ketidakmampuan secara total, seperti kecelakaan.
  3. Tersedia layanan double claim  yang mana anggota keluarga lain bisa ikut menggunakan kartu atau satu polis bisa untuk satu keluarga.
  4. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, dana yang sudah masuk sebelumnya tidak akan berubah.

Jika dilihat dari berbagai perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional, lebih menguntungkan memakai asuransi syariah karena keuntungan tidak semata-mata berat sebelah dan hanya berpihak pada perusahaan, tetapi juga pada peserta asuransi. Selain itu, pada asuransi syariah juga terdapat pihak yang mengawasi kinerjanya yaitu Dewan Pengawas Syariah (DPS) sehingga sistem dan kerja pihak perusahaan asuransi benar-benar terawasi serta terjaga agar tetap sesuai syariah. Meski begitu, tetap harus jeli dan hati-hati ketika ingin mendaftar jadi peserta salah satu perusahaan asuransi syariah, pilihlah yang memang terpercaya, amanah dan mampu memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *